Metode pengukuran beban kerja kognitif dapat dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan objektivitas dan berdasarkan hubungan sebab akibat. Objektivitas dibedakan antara data diri atau pengaruh subjektif si pengukur dan observasi objektif dari suatu tingkah laku, performasi, dan reaksi psikologikal pada pengaruh yang lain. Hubungan sebab akibat menggambarkan tipe dari hubungan antara beban kerja kognitif terhadap fenomena yang diteliti berdasarkan pengukuran. Contoh hubungan langsungnya yaitu keberadaan antara beban kerja dan kesulitan dalam mempelajari materi pembelajaran karena kesulitan adalah hasil langsung dari beban kognitif intrinsic dan extraneous materi.
Hubungan tidak langsung terjadi antara beban kerja kognitif dan frekuensi errornya navigasi. Navigasi error dapat disebabkan karena ketidaklengkapan model mental dari suatu sisi jaringan, dimana dirinya sendiri dapat mengarah kepada beban kognitif yang tinggi.emperlihatkan penggolongan metode pengukuran beban kognitif berdasarkan objektivitas dan hubungan sebab akibat.
Hubungan tidak langsung terjadi antara beban kerja kognitif dan frekuensi errornya navigasi. Navigasi error dapat disebabkan karena ketidaklengkapan model mental dari suatu sisi jaringan, dimana dirinya sendiri dapat mengarah kepada beban kognitif yang tinggi.emperlihatkan penggolongan metode pengukuran beban kognitif berdasarkan objektivitas dan hubungan sebab akibat.
Penggolongan Metoda untuk Mengukur Beban Kognitif Teori Dasar pada Obyektifitas Dan Hubungan Sebab Akibat
Suatu kesalahaan dapat disebabkan oleh mental yang tidak kuat yang mana itu sendiri mungkin disebabkan oleh beban kognitif yang cukup tinggi. Metode pengukuran beban kognitif ini mengarah pada empat kategori yang berbeda seperti :
1. Tidak langsung dan subjektif
2. Langsung dan subjektif
3. Tidak langsung dan objektif
4. Langsung dan objektif
Metode tidak langsung dan subjektif yang sering digunakan . NASA TLX adalah contoh tidak langsung, subyektif menilai - metode beban kerja mental yang memiliki asal-usul dalam penelitian tentang beban kerja mental dalam penerbangan dan kokpit desain. NASA-TLX adalah kuesioner yang terdiri dari 6 item termasuk mental, fisik, dan serta tuntutan temporal sebagai kinerja, usaha, dan tingkat frustrasi. dalam penelitian instruksional menilai pembelajar 'diinvestasikan mental usaha dengan kuesioner posttreatment
NASA TLX. Namun, kerugian tertentu yang melekat dalam kategori metode pengukuran ini, termasuk sub usaha persepsi jective yang hanya dinilai setelah tugas selesai. Selain itu, hubungan antara subjektif dan beban kerja yang efektif tidak jelas. menyediakan teknik yang sangat sederhana dan cepat untuk operator, estimasi beban kerja dengan item generik yang dapat diterapkan untuk setiap domain
Cara langsungnya melibatkan langkah-langkah subjektif rating kesulitan materi yang secara langsung berkaitan dengan beban kognitif dipaksakan. Cara tidak langsungnya termasuk langkah-langkah objektif mengukur per hasil kinerja seperti waktu penyelesaian tugas (TCT) atau hasil pembelajaran. Di sini, desain instruksional biasanya bervariasi sedangkan untuk kondisi yang berbeda sama bahan yang digunakan. Dengan demikian beban intrinsik materinyaheld constant whereas extraneous load (and germane load) tetap konstan sedangkan beban asing diselidiki.
Langkah-langkah objektif tugas ganda melibatkan metod ologi dan fungsional pencitraan otak. Otak fungsional menggambarkan aktivasi otak yang diukur sementara tugas-tugas memori kerja yang sedang dijalankan dapat dianggap sebagai indikasi langsung beban kognitif. Kelemahan itu adalah bahwa pencitraan otak masih memiliki kepraktisan rendah untuk perancang dan rekayasa.
Metodologi tugas ganda kedua adalah. Hal ini didasarkan pada alokasi sumber daya kognitif yang fleksibel untuk tugas yang berbeda menggunakan memori struktur yang sama . langsung dan obyektif dalam menilai beban kognitif yang telah banyak digunakan dalam memori kerja dan perhatian penelitian
Ada dua pendekatan untuk ini, baik dari . Kedua pendekatan tugas ganda dengan menggunakan metodologi yang diukur kinerja tugas sekunder. Berbagai versi t ugas utama kemudian akan menyebabkan jumlah beban kognitif yang berbeda dan menyolok mempengaruhi kinerja di tugas sekunder . Brunken et al menggunakan dual-tugas paradigma yang dapat diadaptasi untuk pengukuran beban kognitif dan telah jarang digunakan dalam manusia riset interaksi komputer. yang menggunakan metodologi tugas ganda. Yang pertama adalah kognitif beban manipulasi, yaitu menerapkan beban kognitif dengan tugas sekunder dan menganalisis dampaknya terhadap kinerja dalam tugas utama. Metodologi ini sering digunakan dalam kognisi sosial dan riset pemasaran
Selan itu, pertanyaan bagaimana mengukur konstruksi beban kognitif telah terbukti sulit bagi peneliti. Berdasarkan Paas dan van Merriƫnboer's (1994) jelas bahwa beban kognitif dapat diperoleh dengan mengukur beban mental, usaha mental, dan performansi. Peneliti lain menggunakan telah menggunakan metode analitik dan empiris untuk mengklasifikasikan pengukuran kinerja kognitif. Metode analitik diarahkan mengestimasi beban mental dan mengumpulkan data subyektif dengan teknik seperti opini para ahli dan teknik analisis data seperti model matematika dan analisis tugas. Metode empiris, diarahkan pada estimasi usaha mental dan performansi, bersama data subyektif menggunakan skala rating, performansi data menggunakan teknik tugas primer dan sekunder, dan data psychophysiological menggunakan teknik psychophysiological. Tabel 5.2 menunjukkan dimana teknik empiris untuk mengukur usaha mental telah menerima banyak perhatian dari peneliti CLT, teknik analitik telah digunakan hanya pada satu study. Secara khusus, rating scale, psychophysiological, dan secondary task technique telah digunakan untuk menentukan beban kognitif pada penelitian beban kognitif.
Teknik skala rating berdasarkan asumsi bahwa orang-orang mampu untuk menginstropeksi proses kognitif mereka dan melaporkan jumlah usaha mental yang dikeluarkan. Walaupun penilaian diri mungkin tampak dipertanyakan, hal tersebut telah dibuktikan bahwa orang-orang mampu memberikan indikasi numerik dari beban mental yang mereka rasakan (Gopher & Braune, 1984). Paas (1992) merupakan orang pertama yang membuktikan penemuan ini pada konteks CLT. Dengan penuh kebanggan pada model ditunjukkan pada gambar 1, teknik rating yang paling subyektif menggunakan konsep orientasi psychophysiological keseluruhan beban. Teknik subyektif biasanya melibatkan sebuah kuesioner yang terdiri dari satu atau beberapa perbedaan skala semantik dimana peserta dapat mengindikasikan tingkat pengalaman beban kognitif. Sebagian besar pengukuran subyektif adalah multidimensional dalam kelompok yang berkaitan dengan variabel, seperti usaha mental, kelelahan, dan frustasi, yang sangat berkorelasi. Penelitian telah menunjukkan bagaimanapun, pengukuran yang dapat dipercaya dapat diperoleh dengan skala undimensional. Selanjutnya, hal tersebut telah ditunjukkan bahwa skala tersebut sensitif terhadap perbedaan kecil yang relatif pada beban kognitif dan mereka valid, reliable, dan unintrusive.
Teknik psikologi berdasarkan asumsi bahwa perubahan pada fungsi kognitif ditunjukkan oleh variabel physiological. Teknik tersebut termasuk pengukuran aktivitas jantung, aktivitas otak, dan aktivitas mata. Pengukuran psychophysiological dapat dengan baik digunakan untuk visualisasi detail kecenderungan dan pola beban (contoh, seketika, puncak, rata-rata dan akumulasi beban).
Teknik berbasis tugas dan kinerja termasuk dua subclass: primary task measurement, yang berdasarkan kinerja tugas, dan secondary task methodology, dimana berdasarkan pada kinerja tugas yang dilakukan bersamaan dengan tugas utama. Pada prosedur ini, kinerja secondary task seharusnya mencerminkan tingkat kognitif beban yang dipaksakan oleh primary task. Umumnya, secondary task mencakup kegiatan-kegiatan sederhana berkelanjutan yang memerlukan perhatian, seperti mendeteksi sinyal visual atau aditori. Variabel kinerja yang khas adalah waktu reaksi, akurasi, dan tingkat kesalahan. Walaupun kinerja secondary task sangat sensitif dan dapat diandalkan, teknik ini jarang diaplikasikan pada penelitian CLT.
Mengingat perbedaan CLT intrinsik, extraneous, dan germane load, penting untuk dicatat bahwa peneliti telah mengukur beban kognitif total dan belum mampu menggunakan salah satu teknik pengukuran untuk membedakan antara ketiga komponen beban kognitif. Berbagai studi pengukuran beban kognitif dan perhiungan efisiensi mental dapat dilihat pada Tabel dibawah ini
Efisiensi Mental dari Kondisi Instruksional
Bagaimana pengukuran beban kognitif dapat meningkatkan CLT?
· Perbedaan pada intrinsic instructional load yang direfleksikan pada pengukuran beban memori pengalaman.
· Perbedaan pada efektivitas antara format instruksional secara besar akan berdampak pada beban memori
· Pengukuran beban kognitif memungkinkan kita untuk menghitung efisiensi mental relatif dari kondisi
bos,
BalasHapusbisa minta daftar pustaka tulisan di atas ???
saya perlu utk thesis tentang beban kognitif
thanks